AKUNTANSI KEUANGAN

AKUNTANSI KEUANGAN

Mata kuliah ini mempelajari tentang Penerapan perlakuan Akuntansi untuk mencatat investasi perusahaan menggunakan metode nilai wajar, klasifikasi liabilitas jangka pendek dan liabilitas jangka panjang, serta penerapan penghitungan/penilaian, penyahuan, dan analisis atas liabilitas.

Penerapan perlakuan akuntansi untuk mencatat investasi perusahaan pada saham, struktur penyusunan laporan keuangan yang terdiri atas Laporan Laba Rugi dan Penghasilan komprehensif Lain, Laporan Perubahan Modal, Laporan Posisi Keuangan, dan Laporan Arus Kas, metode analisis mendasar untuk menjelaskan kondisi umum perusahaan serta penerapan rasio keuangan untuk mengidentifikasi hubungan antarlaporan keuangan. Terutama yang berkiatan dengan perusahaan Dagang.

Metodologi pembelajaran:

Metode pembelajaran sangat ditekankan untuk belajar materi pembelajaran yang disajikan mencakup perlakuan Akuntansi pada berbagai jenis investasi, serta penyusunan dan analisis laporan keuangan. Melalui soal latihan dan pembahasan yang diberikan, diharapkan pengguna dapat memperoleh wawasan terkait penyusunan laporan keuangan perusahaan berdasarkan PSAK (Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan) atau IFRS (International Financial Reporting Standards).