Baru Mulai Bisnis? Pakai Aplikasi Pembukuan Keuangan Yuk!

Apa itu aplikasi pembukuan keuangan serta manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan tools ini terutama untuk mengembangkan bisnis?

Pandemi COVID-19 memberikan banyak dampak pada berbagai sektor di dunia, mulai dari bisnis, ekonomi, bahkan mendorong kreativitas seseorang.

Salah satunya adalah munculnya ide-ide menarik untuk mulai melakukan kegiatan bisnis, apakah Anda salah satu yang mulai mau merintis bisnis di masa pandemi ini?

Kalau iya, penting untuk memahami salah satu kegiatan inti dari bisnis yaitu pembukuan dan berkenalan dengan aplikasi pembukuan online (salah satu fitur dari aplikasi keuangan perusahaan seperti dari Jurnal untuk kelola keuangan) yang dapat membantu bisnis Anda lebih berkembang.

Pembukuan mungkin masih asing untuk didengar sebagian orang dan bahkan kadang disamakan dengan kata akuntansi, padahal sebenarnya kedua kata tersebut memiliki arti yang berbeda meskipun masih dalam lingkup penggunaan yang relatif sama.

Sebelum memahami kegiatan pembukuan dan aplikasinya dalam dunia bisnis, pada artikel ini kita akan memahami arti dan manfaat dari contoh pembukuan itu sendiri.

Apa yang Dimaksud dengan Kegiatan Pembukuan?

Pembukuan pada dasarnya adalah kegiatan pencatatan transaksi keuangan pada setiap orang secara individu, bisnis dan bahkan organisasi.

Transaksi yang melalui pencatatan dalam proses pembukuan ini biasanya seperti pembelian, penjualan, penerimaan dan pembayaran setiap harinya.

Pertanyaannya adalah apakah pembukuan sama dengan proses akuntansi?

Jawabannya tidak, akuntansi sendiri diartikan sebagai sebuah kegiatan pengukuran, pemrosesan dan komunikasi informasi keuangan pada bisnis atau suatu organisasi. Pembukuan sendiri, merupakan bagian dari akuntansi. Dimana akuntansi ini berperan sebagai moderator antara perhitungan dan juga stakeholder pada dunia bisnis.

Apa Saja Fungsi Pembukuan pada Bisnis?

Sebagai salah satu pilar dari proses bisnis, pembukuan menjadi kunci perkembangan dari bisnis itu sendiri. Ada 5 (lima) fungsi umum dari proses pembukuan pada bisnis Anda, yaitu:

  • Melihat keuntungan dan kerugian yang dialami perusahaan atau bisnis.
  • Sebagai dasar melakukan penilaian aset, modal dan liabilitas yang tepat sehingga dapat mengukur posisi keuangan perusahaan atau bisnis.
  • Mendata kreditur dan debitur yang dimiliki oleh perusahaan atau bisnis pada periode tertentu.
  • Untuk menganalisis kesehatan keuangan dari sebuah bisnis atau perusahaan
  • Memudahkan proses audit.

Bagaimana Aplikasi Pembukuan Dapat Memaksimalkan Perkembangan Bisnis?

Bila sebelumnya proses pembukuan dilakukan oleh seorang profesional bernama bookkeeper pada bisnis-bisnis besar, saat ini sudah tersedia berbagai aplikasi pembukuan keuangan yang dapat memudahkan pemilik atau bagi mereka yang baru merintis sebuah bisnis dimana belum tersedia dana tambahan untuk mempekerjakan seorang bookkeeper.

Aplikasi pembukuan sendiri merupakan sebuah program komputer yang dapat melakukan proses perhitungan pembukuan harian secara otomatis dan mudah, beberapa aplikasi pembukuan online seperti Jurnal by Mekari.

Fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi pembukuan seperti Jurnal bisa membantu Anda yang baru memulai bisnis untuk menghitung cash flow bisnis Anda.

Bicara tentang perkembangan bisnis, tentu sangat berkaitan dengan faktor-faktor pembangun yang terdapat pada bisnis itu sendiri. Setidaknya ada 4 (empat) faktor yang bisa mempengaruhi bisnis Anda yaitu:

  • Peluang atau gap pada pasar.
  • Ide akan produk bisnis yang dapat memenuhi kebutuhan pasar.
  • Manajemen yang sistematis dan terarah sehingga dapat membawa bisnis ke arah yang lebih baik.
  • Sumber Daya Manusia (SDM) kreatif yang dapat membangun bisnis.

Lalu bagaimana aplikasi pembukuan dapat membantu Anda dalam memaksimalkan perkembangan bisnis?

Seperti yang kita tahu bahwa aplikasi pembukuan dapat memudahkan Anda dalam melakukan pencatatan transaksi pada bisnis, pencatatan transaksi dapat memudahkan Anda menemukan kebutuhan apa yang sebenarnya belum terpenuhi di pasar.